Setup Format Laporan Keuangan dan Simulasi Pengurangan Nilai Aset di Odoo 12

Setup Format Laporan Keuangan

  • Saya pertama akan melakukan semua import data semua yang akan dibutuhkan untuk membuat laporan keuangan.
  • Setelah semua master data di import, secara default Odoo akan memberikan reporting laporan keuangan yang masih sangat simpel dan tidak sesuai dengan format laporan keuangan yang ada di Indonesia, disini kita akan mengubahnya menjadi seperti tersebut seperti yang terdapat di repository Akhmad Daniel.

Profit and Loss

  • Pertama kita perlu menghapus semua financial report name yang tidak kita butuhkan
  • Selanjutnya kita perlu membuat semua report name yang sesuai dengan format laporan keuangan yang kita inginkan
  1. Report Name: Nama yang akan dimunculkan dalam laporan keuangan
  2. Sequence : urutan pada financial report
  3. Sign of Reports : Nilai positif atau negatif pada laporan yang disesuaikan debit/kredit-nya, kita dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Reverse biasanya untuk income, hutang, dan modal.
  4. Parent: Parent dari nama report yang dimasukkan, dimana nanti biasanya parent tidak memiliki jumlah transaksi.
  5. Type: Tipe dari laporan. View adalah tampilan nama saja tanpa value. Account Type adalah tipe dari akun yang dipilih. Accounts adalah detail dari Account Type, yaitu akun sesuai dengan CoA.
  6. Financial Report Style: Styling dari report.
  7. Display Details: Pengaturan tampilan dari laporan keuangan. No Detail dan Display children flat hanya menunjukan akun yang dipilih tanpa ada anaknya. Display children with hierarchy adalah tampilan anak-anak dari akun yang dipilih.
  8. Account Type: Komponen akun yang akan masuk ke dalam perhitungan laporan.
  • Setelah memasukan semuanya, maka kita bisa pilih reporting>pdf report> profit and loss untuk melakukan download laporan keuangan profit and loss dalam bentuk pdf

Balance Sheets

  • Untuk balance sheets lakukan hal yang sama persis seperti pembuatan laporan keuangan pada profit and loss hanya saja untuk child teratasnya gunakan parentnya yaitu Balance Sheets agar bisa dilihat perbedaannya.
  • Untuk melakukan download pdf laporannya bisa klik reporting>pdf report> balance sheets.

Simulasi Pengurangan Nilai Aset

  • Masuk ke menu asset type pada modul accounting lalu create new asset type, masukan lalu informasi type asset yang diinginkan, disini kita bisa menentukan asset accountnya dan pengurangan nilai asetnya masuk dan keluar ke akun yang mana. Kita bisa juga menentukan jarak waktu aset tersebut berkurang dalam satuan bulan dan dalam berapa bulan kita akan mengurangi nilai aset tersebut
  • Setelah itu, kita bisa membuat asetnya dengan melalui menu accounting>asset ataupun melalui vendor>bills. Disini saya akan melalui pembuatan vendor bills. Pada pembuatan vendor bills masukan product asset yang diinginkan dan kategori yang sebelumnya telah dibuat dengan nilai asset tersebut.
  • Setelah validate, kita bisa melihat bahwa asset tersebut sudah terbuat, dan ketika dibuka kita bisa melihat menu seperti ini
  • Setelah di validate maka akan muncul button lingkaran kecil di tabel depreciation untuk melalukan posting pengurangan nilai aset tersebut ke journal entries
  • Misalkan kita klik lingkaran tersebut, maka warnanya akan berubah menjadi orange yang menandakan depreciation nilai aset tersebut sudah masuk ke journal entries dalam bentuk draft yang belum di post.
  • Kita bisa melakukannya secara otomatis dalam jangka waktu tertentu depreciation nilai asetnya dengan menggunakan menu accounting>generate assets entries. Disini kita bisa melakukan depreciation nilai asetnya sesuai jangka waktu tertentu, misalkan contoh dibawah dalam 3 bulan ke depan, tetapi masih dalam bentuk draft di journal entries yang belum di post.

Thanks for your time!

--

--

--

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Muhammad Iqbal Wijonarko

Muhammad Iqbal Wijonarko

More from Medium

Sync Local Outlook Contacts to a Teams Desk Phone

How to use the Google Calendar Appointment System

SharePoint, Teams or OneDrive: Which should I use?

How to Migrate from Egnyte to SharePoint Online — CloudFuze